Categories
Uncategorized

Informasi Geotag dan Metadata Foto

Selama ini saya gagal mengisi informasi geotag ke metadata foto secara massal. Informasi koordinat pemotretan diperoleh dari pencatat log GPS Holux, digabungkan lewat aplikasi bawaan produk tsb., namun diabaikan oleh Flickr. Semula saya sangka pemutakhiran EXIF foto tidak tepat, mengingat kemungkinan format JPEG kian kompleks dengan tambahan-tambahan yang mengakomodasi kondisi saat ini. Diperiksa lewat penampil foto dan pembaca metadata foto, koordinat sudah tersedia.

Jadi apa penyebab masalah ini?

Setelah sempat terabaikan, penasaran diulang dicari lagi dan di salah satu forum Flickr disebutkan agar setelan pembacaan geotag dari EXIF perlu diaktifkan agar dipakai oleh Flickr. Ah, benar-benar kekhilafan sepele yang tak terduga disediakan pengaturannya di setelan akun Flickr. Menu ini tersedia di “Your Account ā†’ Privacy & Permissions”.

Jika penandaan lokasi ini hendak digunakan bersama oleh beberapa fotografer, misalnya oleh peserta photowalk, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Pastikan tanggal dan jam kamera sudah diset benar sesuai server jam dunia. Komputer yang dilengkapi dengan utilitas pengatur waktu sistem atau layanan dari operator seluler dapat digunakan untuk keperluan ini. Saya aktifkan fasilitas tanggal-jam otomatis di ponsel dan operator XL menyediakan penyesuaian jam sistem ini.
  2. Setelah sesi pemotretan, berkas hasil pembacaan dari pencatat log GPS, dibagikan kepada para fotografer. Holux menghasilkan berkas berekstensi ITM dan dapat dibuka dengan aplikasi yang mereka sediakan. Seharusnya ada format yang lebih umum/terbuka untuk digunakan, barangkali KML? Ada masukan? Berkas an aplikasi ini yang akan menghubungkan antara log waktu dan foto dengan cara menuliskan informasi koordinat ke semua foto yang diproses.

Flickr akan menggunakan informasi koordinat dari foto. Fasilitas tambahan yang disediakan Flickr untuk menjaga privasi sebuah daerah adalah adanya geofence, yaitu daerah di atas peta yang diset lebih privat dibanding setelan umum kita.