Tak Terbendung

Quarto
Blogging
Author

Ikhlasul Amal

Published

September 23, 2023

Benarlah, perihal dokumen web statis untuk blog tidak dapat menunggu lagi!

Sudah ditetapkan bahwa Hugo untuk blog, Sphinx untuk dokumentasi produk atau gagasan terstruktur, dan VitePress untuk helai-helai catatan, serta … ada lagi Obsidian kelanjutan Gnotes; tapi ternyata tidak berhenti di sana, informasi dari teman menantang: Quarto untuk penulisan blog!

Apa itu? Quarto, seperti ditulis di situsnya, dapat digunakan untuk penyediaan halaman dinamis, salah satu tujuannya untuk ramai-ramai halaman laporan pada era data scientist masa kini. Ternyata tersedia juga fasilitas untuk situs web dan blog. Dari Quarto ini pula jadi tahu posisi Jupyter Notebook, yang selama ini muncul (dan dibiarkan!) begitu saja di Visual Studio Code. Ya ampun, seperti ini toh!

Dipasanglah buat #direktif. Bagaimana dengan materi #direktif yang sudah ada sekarang? Tampaknya tetap diperlukan untuk diakses lewat WordPress sebelum semua konten dipindahkan. Jadi untuk kedatangan gaya baru ini untuk sementara digunakan subdomain next.direktif.web.id. Semoga masa transisi berlangsung cepat dan segera kembali digunakan direktif.web.id.

Ayo, yang lebih penting harus tetap bersemangat!