Pelatihan Daring Pertama

Salah satu rencana kegiatan untuk kantor kami pada tahun 2017 adalah pelatihan daring (online) Epigoni. Kami berharap dengan kegiatan lewat media pelatihan di dunia maya, dicapai beberapa hal berikut:

  1. Penyiapan SDM yang lebih baik. Daripada mengeluhkan kondisi SDM, lebih afdal memperbaiki, kan?
  2. Promosi produk lewat pelatihan.
  3. Projek rintisan untuk pelatihan-pelatihan lainnya sebagai unit usaha.

Sebelumnya saya sudah berencana menyelenggarakan kelas pemrograman yang lebih umum untuk kegiatan kantor, namun seperti tertunda-tunda terus. Menyelenggarakan pertemuan dengan bertatap langsung tidak mudah pada masa sekarang, beberapa tantangan seperti: pengalokasian waktu pemberi materi dan peserta, hasil yang ingin dicapai agar menarik calon peserta, dan perjuangan mencapai lokasi (Bandung kota macet, euy!).

Berikutnya terpikir penyelenggaraan tatap muka lewat media komunikasi masa kini, seperti halnya telekonferensi video. Beberapa kali saya lihat penyelenggaraan seminar mini lewat video Hangouts dipublikasikan di Google+. Seharusnya ini sesuatu yang penting dan menggantikan cara-cara lama karena lebih efisien. Bukan berarti tatap muka langsung tidak perlu, namun dapat dikurangi hanya untuk bagian yang sangat penting. Keuntungan lain dengan cara daring adalah jangkauan yang lebih luas; peserta bukan hanya berdomisili di Bandung.

Salah seorang teman yang sudah mengikuti sejumlah kajian materi keagamaan lewat grup WhatsApp akhirnya menguatkan rencana pelatihan daring ini dan dibukalah pendaftaran sejak 6 Januari. Ditutup kemarin, 15 Januari, hasil yang kami peroleh:

  1. Terdapat 5 (lima) calon peserta yang mendaftar.
  2. Terdapat 1 (satu) penanya perihal Epigoni, bukan dari pendaftar nomor (1).

Dengan jangka waktu kurang dari dua pekan dan penyebaran promosi masih terbatas, saya anggap hasil tsb. lumayan.

Kami ingin memulai terlebih dulu dan melihat pelatihan ini berjalan dengan lancar, baru setelah itu kemungkinan-kemungkinan perbaikan dilakukan. Jangan sampai mengecewakan peserta pelatihan.