Ubuntu 14.04 dan Gangguan Fatal yang Saya Temui

Sejak April lalu saya menggunakan Ubuntu 14.04 atau Trusty Taher. Sudah waktunya untuk memutakhirkan sistem operasi komputer desktop, setelah sebelumnya bertahan di 12.04. Saya tidak berharap feature baru, karena sepertinya belum terdengar kabar perubahan radikal di lingkungan Linux. Jadi instalasi baru ini lebih sebagai “agar tidak tertinggal ramai-ramai” dan kemungkinan persyaratan sejumlah aplikasi.

Instalasi mudah dilakukan — ini abad XXI dan Linux sudah menjadi sistem operasi “rumahan”, cukup ikuti serangkaian tombol Next.

Satu hal yang menjadi perhatian adalah adanya kutu (bug) yang sangat mengganggu: sistem terkunci mati (freeze). Gangguan ini terjadi di komputer saya setelah layar terkunci-otomatis (auto screen lock) oleh sistem. Kursor tetikus pun berhenti dan sistem hanya dapat dipulihkan dengan bantuan tombol reset. Fatal, karena adanya kemungkinan berkas yang rusak (corrupt) atau tidak ditutup dengan sempurna.

Dari hasil pencarian ditampilkan keluhan mirip hal ini untuk HP ZBook 15. Perbedaannya: yang saya temui bukan kejadian acak dan benar-benar tidak ada langkah antisipatif seperti dijelaskan di tulisan tsb. dengan pindah ke layar teks (Ctrl-Alt-F1) dan kembali lagi ke layar grafis (Ctrl-Alt-F7). Benar-benar terkunci mati.

Terinspirasi pengaduan di Launchpad, saya coba dengan meninggalkan komputer di layar teks dan ternyata memang tidak menyebabkan gangguan. Fakta lainnya: penguncian layar yang dilakukan secara manual (bukan otomatis dari setelan Display) tidak menyebabkan komputer terkunci. Berdasarkan hal tsb., saya membiasakan mengunci komputer dengan melakukan sendiri (Ctrl-Alt-L) dan selanjutnya memindahkan layar ke mode teks. Repotnya, jika pas saya lupa melakukan saat meninggalkan komputer (baca: tidak praktis amat!).

Dari pengaduan itu pula, saya berpendapat gangguan ini terkait perangkat pengendali VGA (VGA driver). Solusi lain menggunakan pengendali khusus (proprietary driver) saya coba, hasilnya nihil: tidak ada pengendali lain di Ubuntu saya.

Lebih buruk lagi

Kondisi lebih buruk gara-gara komputer terkunci ini adalah: jaringan di tempat kami ikut terkunci. Tentu ini di luar dugaan pada awalnya (tidak terbayang menghubungkan dua kejadian yang seperti tidak terkait). Jadi pada saat PC saya terkunci, terjadi kehebohan koneksi semua komputer di kantor terputus. Karena bukan hanya akses ke Internet, ke server lokal saja gagal, saya disibukkan memeriksa switch dan menghasilkan kesimpulan ceroboh dan salah: switch perlu diganti.

Beberapa hari setelah kejadian, sambil saya susun fakta bahwa gangguan jaringan terjadi pada saat komputer saya terkunci otomatis (yang berarti sedang freeze). Sepertinya dua kejadian tsb. terkait dan saya berprasangka gangguan di Ubuntu saya penyebabnya.

Kemarin komputer saya macet lagi (sepertinya saya lupa mengunci layar) dan koneksi jaringan terganggu total, saya buktikan dengan menarik kabel jaringan (yang berarti mengeluarkan komputer saya dari jaringan) dan… benarlah, jaringan di kantor aktif kembali.

Dugaan sementara saya: gangguan di Ubuntu sampai membanjiri jaringan dengan paket data (data flood) atau kartu jaringan mengacaukan pengalamatan IP. Fatal tingkat 2!

Saya belum menemukan pengaduan untuk gangguan jaringan seperti di atas, sambil berpikir: seharusnya ada saja pengguna lain yang mengalami kasus serupa.