Atom: Editor Teks Baru dengan Rasa Sublime

Akhirnya saya coba editor teks baru, Atom. Promosi di halaman web mereka seperti provokatif,

Atom is a hackable text editor for the 21st century, built on atom-shell, and based on everything we love about our favorite editors. We designed it to be deeply customizable, but still approachable using the default configuration.

Klaim abad XXI itu terasa “bergaya” meninggalkan koleksi editor teks abad lalu; tapi memang benar: saya menggunakan Vim sejak kedatangan Linux –yang berarti pada tahun 1990-an.

Informasi Atom saya baca sekitar dua bulan lalu, saat mencari padanan untuk Sublime (para aktivis Sublime memamerkan mainan mereka di berbagai forum). Tampak menarik, apalagi digadang-gadang dengan kata kunci “integrasi ke Node.js”. Ternyata sudah tersedia paket Atom untuk Ubuntu. Dari dua pilihan instalasi, membangun sendiri dari kode sumber atau mengambil hasil jadi dari repositori, saya tetapkan yang kedua (pemalas, ya?) dan cukup dengan tiga perintah apt-get, selesailah.

Benar, dimuat pertama kali dengan tema bawaan Atom, yang terasa Sublime. Sayangnya, saya bukan pengguna berpengalaman untuk Sublime, jadi tidak dapat membandingkan langsung semua fasilitas dasar, hanya dari melihat kemiripan bentuk antarmuka keduanya. Kombinasi kunci papan ketik yang penting adalah Ctrl + Shift + P yang langsung ditampilkan jendela pop-up berisi koleksi menu praktis yang dapat dicari berdasarkan kata kunci yang dimasukkan pengguna.

Tampilan Atom di Ubuntu

Tampilan Atom di Ubuntu

Alhasil, dua editor teks saya pasang di peluncur (launcher) Ubuntu untuk editor teks (ditambah Gedit, Text Editor dari Gnome sebenarnya). Perlu dibiasakan terlebih dulu. Tawaran menarik lain dari Atom adalah kemampuannya memutakhirkan versi secara otomatis. Perlu diperiksa pada praktiknya nanti.

Selamat mencoba Atom untuk yang berminat.

5 Comments

  1. Wow, sudah menggunakan Ubuntu termutakhir, Guido Amal? ;-)

    1. Ikhlasul Amal 17 May 2014 at 08.53

      Sudah, ingin penyegaran dan apalagi versi baru termasuk LTS.

  2. […] editor baru Atom di Ubuntu “Trusty […]

  3. ora mudeng aku gaptek hehe

  4. Ade Malsasa Akbar 14 June 2014 at 12.22

    Bismillahirrahmanirrahim.

    Walau mungkin akang sudah tahu, saya kabarkan bahwa PPA Atom versi 32 bit sudah dirilis oleh Webupd8, Kang. Silakan lihat http://www.webupd8.org/2014/06/atom-text-editor-a….

Comments are closed.