OpenERP yang Elok

Dua hari lalu kami kedatangan tamu mantan pengembang yang aktif membanding-bandingkan perangkat lunak atau rangka kerja untuk rencananya. Sepengetahuan saya, pilihannya “berkelas” dan seimbang antara fungsi, keindahan tampilan, dan kemudahan penyiapan hingga pemeliharaan.

Pada kesempatan tsb. dia mempromosikan OpenERP, yang disebutnya, Jika untuk organisasi berskala besar digunakan Adempiere yang tersedia dengan feature lengkap, OpenERP lebih kecil namun mungkin lebih populer sekarang. Pertimbangan lain pilihannya pada kemudahan instalasi dan ketersediaan modul-modul ERP terpisah dan siap ditambahkan ke aplikasi dengan mudah pula. Ini berita bagus untuk kondisi kami yang perlu kelengkapan ERP yang dapat dijual. Betul, bisnis adalah penjualan pada akhirnya. Kemudahan pasang-lepas modul bagian ERP yang diperlukan saja dan keterampilan otak-atik konfigurasi adalah komoditi yang dapat dijual beserta servis.

Poin penting kali ini:

  1. Ketersediaan perangkat atau produk yang dapat dijual. Bisa berupa utuh dibuat sendiri, dapat pula tambahan terhadap produk yang sudah tersedia.
  2. Keterampilan menguasai proses bisnis yang diperlukan calon konsumen dan solusinya dengan perangkat yang tersedia adalah nilai-tambah yang dapat ditawarkan. Kemampuan ini lebih berjangka lama daripada teknis pemrograman untuk kondisi “bisnis harus tetap hidup”.

Perangkat lunak bebas membantu dalam hal menyediakan perangkat yang dapat digunakan dan pelaku bisnis kecil seperti kami dapat bernapas dan memikirkan model bisnis yang tepat.

Oh ya, ini baru wacana, tentu akan ada pernak-pernik pada implementasinya, namun tetap menarik untuk dicoba.