Risalah Kegiatan 2012

Memasuki separuh terakhir Desember 2012, Facebook menawarkan halaman berisi peristiwa-peristiwa penting yang terjadi dalam kurun waktu setahun. Sekilas poin penting yang dijadikan indikator adalah jumlah jempol Like dan jumlah komentar. Peringkat secara kuantitatif memang andalan media sosial yang berbasis perhitungan sederhana komputer.

2012 Year in Review

“2012 Year in Review”

Dalam waktu yang sempit mendekati akhir tahun, WordPress menyusul mengirim email berisi tautan ke ringkasan aktivitas berdasarkan catatan statistik lewat modul Stats di Jetpack. Penyajian WordPress berseni: catatan-catatan perolehan ditampilkan dengan berusaha menerjemahlan menjadi analisis kualitatif — kendati data mentah tetap terasa, dikelompokkan per blok besar, dengan latar belakang gambar dan warna cerah.

2012 Year in Blogging

2012 Year in Blogging

Ada tautan untuk statistik tahun 2011 di bagian akhir. Rasanya saya tidak menerima risalah seperti ini tahun lalu, atau memang baru dijadikan tradisi sekarang, sekaligus menyediakan versi tahun sebelumnya?

Bagaimanapun, menarik juga, memacu agar ada “prestasi lebih baik” dibuat untuk setahun mendatang, mirip dengan pembagian rapor siswa sekolah.

2 Comments

  1. Yudha P Sunandar 5 January 2013 at 23.30

    taun lalu untuk wordpress.com ada, mas. mungkin tidak berlaku d wordpress.org. hehe 😀

    1. Ikhlasul Amal 6 January 2013 at 18.52

      Terima kasih atas klarifikasi di atas. Kemungkinan karena instalasi WP saya waktu itu belum dikaitkan ke akun .COM mereka.

Comments are closed.