Acara “Histeria” di Karisma, Masjid Salman ITB

Saya diundang berbicara tentang foto dan blog oleh teman-teman Karisma, Masjid Salman ITB, pukul 12.30 tadi. Karena di proposal acara tidak disebutkan pembicara yang diundang, saya baru tahu teman pembicara lain saat acara berlangsung. Histeria adalah program Ramadan untuk remaja, bagian dari program Ramadan di Masjid Salman.

Kami bertiga mengisi sofa di depan, bersama Yunus Kuntawi Aji dan Onnay Okheng. Yunus adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran UI, pengguna Tumblr aktif, dan penggagas program “Lend a Book”. Onnay adalah pengembang WordPress di Bandung yang sudah berpengalaman menangani klien internasional dalam hal otak-atik WordPress, plug-in, dan tema. Saya sendiri dianggap mewakili Flickr Bandung, karena saya memang pernah membantu mengisi materi fotografi di Karisma tahun lalu.

"Histeria" Blogging Talkshow

Secara umum, kami semua mendorong hadirin untuk rajin, menggunakan hasrat (passion) untuk aktif di blogosfer dengan aneka bentuknya. Dari pemaparan Yunus dan panitia saya jadi tahu tentang komunitas Tumblr di Jakarta dan Bandung yang sedang tumbuh dan kian aktif. Indonesia adalah negeri komunitas, pikir saya, karena hampir semua layanan yang mulai populer diikuti oleh kegiatan komunitas, setidaknya dalam bentuk “kopdar” atau temu-kenal. Kabarnya, Jumat, 10 Agustus ini, komunitas pengguna Tumblr Bandung hendak menyelenggarakan buka bersama dan merupakan acara temu-kenal ketiga.

Tumblr kabarnya memiliki budaya tenang, baik-baik, dan salah satu pendorong komunikasi adalah fasilitas “Ask me” (tanya saya) yang menghubungkan pengunjung/penanya dengan penulis/penjawab. Fasilitas lain yang dianggap menyenangkan adalah Re-blog dan sekarang juga diadopsi di WordPress.com.

Yunus Kuntawi Aji

Lend a Book yang digagas Yunus bermula dari keinginan untuk meningkatkan daya guna buku, agar tidak hanya dibaca sekali dan kemudian bertengger di rak, melainkan diberdayakan sebagai pinjaman untuk teman.

Perbincangan benar-benar lengkap dengan kehadiran Onnay, pengembang WordPress untuk produk eceran berupa tema WordPress, dijual sekitar USD 60 dan sudah dibeli sekitar tujuh puluh kali setelah sebulan peluncuran, hingga menangani proyek otak-atik WordPress untuk klien mancanegara. Pengalaman terakhir Onnay adalah menyelenggarakan WordCamp di Bandung. Selain itu dengan tangan dingin Onnay mengelola desain situs web Masjid Salman dan komunitas Rohis (divisi kerohanian Islam di OSIS SMP/SMA) di ranah maya.

Kami menjelaskan aneka cara dan pengalaman untuk memotivasi hadirin, yang disimpulkan oleh pembawa acara dengan kata kunci, “ayo berbagi, ayo berlatih, dan kerjakan dengan berhasrat”. Waktu yang singkat memang membatasi dialog dengan hadirin, saya pribadi berharap hadirin masih penasaran untuk mencoba dengan cara yang sesuai dan sederhana, untuk selanjutnya menekuni blog, bagian dari inisiatif untuk berbagi manfaat dengan orang lain.