01: Memilih Alat Bantu

Selama menemani pemrogram menyelesaikan satu pekerjaan di tempat mitra bisnis kantor, terbetik keinginan menulis kode untuk menyederhanakan aplikasi yang sudah dan sedang dibuat. Ada beberapa hal yang tampak dapat disederhanakan, walaupun saya tidak patut menyepelekan. Alasan latar belakangnya bermacam-macam, lebih baik berfokus pada pengalaman teknis, yang akan dapat juga dijadikan tulisan bersambung – mengapa tidak?

Bagian pertama: alat bantu apa yang dapat saya pilih?

Pertimbangan penting: aplikasi ini berjalan di server Windows, bergaya tampilan desktop klasik. Rincian: Windows Server 2003 – belum ada tanda-tanda akan diganti dengan Windows Server 2008 (saya malah baru menyadari ini generasi berikutnya); basis data pun masih dibiarkan Oracle versi lama, 8.05.

Dilihat di keluarga Microsoft Visual Studio, terutama versi paling akhir, kok mereka “sibuk” dengan Windows 8, Metro? Apa dukungan terhadap “aplikasi konvensional” sudah distop atau harus dikorek-korek dari versi lama Visual Studio?

Java tidak saya lihat langsung, hanya berdasarkan keterangan teman tentang kemudahan akses ke peralatan berbasis TCP/IP, kerangka kerja (framework) di Java sudah sangan memudahkan. Apa sih yang tidak disediakan di Java? Dari perkara akses host:port hingga proses bisnis, tersedia aneka kerangka kerja. Komentar salah satu teman pengembang, Sama membingungkannya dengan memilih di PHP. Sama-sama dibingungkan oleh jumlah yang banyak.

Dua teman yang menyarankan Java secara tidak langsung, termasuk pertimbangan terakhir perihal ketersediaan akses ke Oracle. Barangkali karena faktor “sudah dibeli Oracle”, walaupun harus diperiksa lagi ketersediaan atas versi lama.

Seperti puluhan, ratusan, atau lebih calon pemrogram Java: kubu Eclipse atau Netbeans akan ditemui sebagai pertanyaan berikutnya. Lagi-lagi pendapat teman saya dengar dan dengan diplomatis dijawab olehnya, Tampaknya pemrogram condong memilih Eclipse. Tanya-jawab di StackOverflow menguatkan hal itu.

Sekian dulu; jadi menulis program? Akan saya coba secara rutin menuliskan dalam bentuk catatan di sini.

One Comment

  1. saya biasa pake windows 7, belum coba yang lain

Comments are closed.