Menyongsong Hari Blogger Nasional

Tiga hari mendatang, 27 Oktober, Hari Blogger Nasional (dapatkah disebut “Hari Narablog Nasional”?). Saat dicanangkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Mohammad Nuh, di tahun 2007, Pesta Blogger pertama, saya membayangkan: sebenarnya tanggal tsb. diperoleh dari upaya “mendekati Hari Sumpah Pemuda”, dan jadilah tanggal 27 Oktober 2007 hari Sabtu — libur akhir pekan yang cocok untuk perhelatan besar. Tidak terlalu mengherankan juga, karena banyak peristiwa penting di dunia ini terjadi “begitu saja” dan menjadi peringatan berikutnya.

Untuk kali ini, tahun 2011, Pesta Blogger, yang seharusnya dihelat kelima kali, tidak ada. Sejak sekitar bulan Juli-Agustus lalu, seingat saya bersamaan dengan Ramadan, terdapat perubahan besar: Pesta Blogger berganti menjadi On|Off. Keributan sempat terjadi di Twitter saat itu dan berlanjut dengan beberapa tulisan di blog yang bersuasana sentimental. Sesuatu yang wajar, jika diingat kelompok dan seksi sibuk yang telah mengupayakan Pesta-pesta sebelumnya dan di banyak tempat, jika sudah berhubungan dengan penggalangan massa, romantisme menjadi pengikat.

Sebenarnya boleh saja Hari Blogger Nasional tiga hari lagi diperingati tanpa Pesta Blogger — lebih-lebih jika kita merasa memaknai tanggal tersebut sebagai salah satu momentum. Memang tidak akan ada perhelatan akbar seperti empat kali kesempatan yang lalu, akan tetapi jika dianggap pertemuan dalam satu kota lebih akrab dan hangat, mengapa tidak?

Persiapan terlalu dekat? Spontanitas dapat menggugah hati dan tidak perlu terlalu terpaku tanggal juga. Bergeser barang satu hingga tiga hari masih akan dimaklumi.

Kenangan indah yang tampaknya akan hilang adalah tradisi penyambutan di Bundaran HI Jakarta, yang dinamai Muktamar Blogger. Kabarnya tradisi ini muncul untuk menyambut teman-teman dari daerah yang sudah datang di ibukota sehari sebelum acara Pesta Blogger. Barangkali agar afdol, kontingen yang telah menginjak ibukota diajak mengitari Bundaran HI. Saya sendiri belum pernah mengikuti Muktamar, karena jemaah dari Bandung tetap dapat menikmati Pesta Blogger di Jakarta dengan berangkat satu kafilah ba’da subuh.

Demikianlah, saya mendului mengucapkan selamat Hari Blogger Nasional. Dirayakan bersahaja dengan meneguhkan semangat kita berbagi lewat aneka media blog pun sudah merupakan perayaan yang membawa kebaikan. Saya pribadi masih membuka diri untuk berbicara menjelaskan blog, mengajak hadirin, dan menyemangati lewat pertemuan.

Sebagai kenang-kenangan, saya tetap menyediakan kumpulan foto Pesta Blogger dan grup Pesta Blogger di Flickr. Sila gunakan grup tsb. jika ingin mengumpulkan foto-foto perayaan Hari Blogger Nasional kali ini, walaupun tanpa label pb2011. Pada perayaan tahun-tahun lalu saya mengundang teman-teman pemasang foto untuk menjadikan pb2011 sebagai “tag panas” (Hot Tags) di Flickr, walaupun hanya satu hari saja, dan berhasil.

Catatan: di situs web Pesta Blogger, pestablogger.com, jika didatangi langsung akan diarahkan ke www.onoffid.org/, namun tautan Pesta Blogger tetap disediakan sebagai bagian dari menu di ON|OFF. Berjalinan dan berkelit, barangkali begitulah dalam hidup ini.

13 Comments

  1. Baru tahu jika domain itu sdh diarahkan ke domain lain…

    1. Ikhlasul Amal 25 October 2011 at 03.51

      Saya juga jadi tahu karena memeriksa dulu sebelum menyusun tulisan ini. Dari menu di On|Off, pestablogger.com dapat diakses. Tampaknya ada kedatangan pengunjung menjadi perhatian untuk menampilkan situs Pesta Blogger.

      1. Saya cek lagi, ternyata utk domain itu ada bedanya antara pakai www dan tidak 😉

  2. kalau orang baca sekilas on off seolah ngga ada keterkaitan sama sekali dengan pb 🙂 pro kontra

    1. Pro-kontra kan bentuk lain dari on-off. 😉

  3. jadi ON|OFF ini gimana acaranya? kok rasanya gaungnya sepi-spi saja. atau memang sudah diluar jangkauan akun-akun jejaring sosial saya?

    1. Saya juga tidak mengikuti, hanya tahu dari kelebat kabar di Twitter, itu pun hanya sebut nama.

  4. Selamat Hari Blogger Nasional ^o^

    1. Selamat juga, Lia! 🙂

  5. Alhamdulillah di Aceh Blogger saya juga sudah mengucapkannya mas 🙂 “>http://t.co/tpRhxgB5

    1. Sip dan selamat!

  6. Blogger sekarang terutama yang baru2, makin banyak aja ya… semoga dunia blogging di Indonesia makin merebah kayak flu burung waktu itu. hehe

  7. Jadi Benar Pesta Blogger yang dulu ON sekarang di OFF kan…

Comments are closed.