Faktor Kompresi Paket Data di SSH

Berhubung keterbasan kondisi memori di laptop saya dan fasilitas sebagai penjaga server intranet, saya menjalankan beberapa aplikasi GUI
dari server lewat SSH. Dengan bekal sesama Ubuntu (saya belum mencoba dengan distro yang berbeda), setelan untuk menjalankan aplikasi tsb. lintas komputer sudah disediakan, tinggal digunakan.

Sangat jarang terjadi gangguan dan kecepatan respon lewat SSH lebih bagus dibanding lewat VNC. Sampai dengan kedatangan Google Plus sepekan lalu, saya rasakan ketikan di kotak masukan Plus terasa lebih lambat. Cukup mengganggu dengan kecepatan pengetikan saya yang sebenarnya sudah pelan-pelan.

Dugaan awal ke JavaScript: terbayang Google selalu habis-habisan untuk urusan ini. Tapi mengapa hanya di halaman Plus, di Gtalk versi Web pun baik-baik saja. Saya coba di Windows 7 dengan peramban yang sama, kondisi lebih baik, dan terakhir di Google Chrome yang ada di laptop saya sendiri (bukan menjalankan dari server). Semua lebih baik, berarti memang pada kondisi “menjalankan aplikasi dari server.”

Kecurigaan berlanjut pada grafik MRTG: lebar pita luaran untuk intranet meningkat tajam. Lebih mengerucut, ini dia salah satu indikasi penting. Sedikit periksa perubahan yang saya lakukan dalam beberapa hari terakhir, sampailah pada berkas konfigurasi di $HOME/.ssh/config,

Compression no

Sebelumnya saya gunakan yes dan diubah beberapa hari lalu karena beberapa kali pemakaian SCP untuk menyalin berkas yang sudah dikompresi di sana.

Benarlah, setelah dikembalikan ke

Compression yes

ketikan di kotak masukan teks Google Plus berespon normal seperti sedia kala.

Keterangan grafik: terjadi penurunan yang signifikan sekitar pukul 14 setelah penggunaan SSH dikembalikan terkompresi.