Azam Menulis

Sudah terlanjur berkoar-koar, jadi menulis blog yang sudah berkali-kali dipancangkan sebagai tekad, harus naik tingkat sekarang menjadi azam. Sayang juga keinginan acara “bersilat lidah” dengan Agus “Edittag” H. Prasetyo tidak dapat dilangsungkan, karena saya harus meninggalkan acara untuk keperluan lain siang ini.

Azam sebagai penulis: pencitraan?

Jadi saya diundang IdBlogNetwork mengisi sesi pembukaan Blogilicious 2011 di Bandung, tadi pagi. Mulanya saya pikir ini kesempatan paling pagi untuk warga Bandung, ternyata topik “tips blogging” selalu sebagai pembuka. Dengan materi Kiat Beraktivitas Blog, saya bersama R. A. Nunuk yang membawakan etika kegiatan blog, membuka perhelatan di Bandung.

Yang terpikir di awal memang perbedaan pendapat akan SEO, mengingat topik tersebut salah satu bagian penting acara IdBlogNetwork, sedangkan saya termasuk “si pesimis” dalam urusan profit dari peringkat mesin pencari. Tapi semoga bukan perbedaan boleh/tidak mengoptimalkan blog kita untuk menangguk untung duit, melainkan lebih praktis dalam hal cara mencari keuntungan tsb. Mbak Ajeng yang aktif di IdBlogNetwork sudah menegaskan bahwa bukan semata-mata mendapatkan uang, melainkan juga pada etika.

Jadi semoga Agus yang akan membawakan materi tentang optimasi mesin pencari siang ini dapat memaparkan dengan gamblang cara meningkatkan peringkat lewat kualitas tulisan dan ketekunan melengkapi perangkat yang disediakan alat bantu, seperti judul yang baik, tag yang efektif, hingga penggunaan semantik Web. Saya yakin dia faham akan hal-hal tsb. sehingga yang saya sindir sebagai tindakan manipulatif terhadap materi di dalam situs web (bukan hanya blog) menjadi tidak menarik lagi untuk diikuti hadirin.

Eh, tapi hasilnya berupa duit lumayan, loh! Yang terakhir ini saya sering kurang cakap membuat menarik para pemula di ranah blogosfer.

Topik lain yang diobrolkan beberapa kali tadi pagi: tendangan algoritma Panda oleh Google. Saya belum baca-baca hal ini lebih rinci, lain waktu akan ditulis.

One Comment

  1. Menulis tentang blog dan blog tentang menulis. Salam sukses buat Mas Amal. (Gede H. Cahyana) http://gedehace.blogspot.com

Comments are closed.