Gawai Pencatat GPS

Salah satunya bermula dari melongok keriuhan teman-teman yang mewaspadai diri mereka dengan ungkapan “hilang akal,” termasuk tetangga ruang sebelah di kantor, sampailah saya di DealExtreme, toko kelontong gawai (gadget) bergaya Asia Timur. Dua bulan lalu saya tertarik penjelasan otomasi penambahan geotag ke foto yang dijadikan promosi Trackstick, perangkat penjejak (tracking) berbasis GPS. Selain akan memudahkan saya memandu penyetelan geotag untuk koleksi foto saya di Flickr, penyusunan peta perjalanan Kami Memotret Bandung akan menjadi lebih mudah.

Trackstick elegan: dari cara mereka berpromosi dengan sentuhan keperluan geotag foto hingga catu daya berupa baterai AAA yang mudah diperoleh. Peralatan ini termasuk kelompok pencatat (logger), bekerja dengan cara menyimpan informasi posisi dari GPS secara kontinu. Selanjutnya, untuk keperluan foto, informasi waktu yang tersedia di metadata foto digunakan sebagai acuan pencarian posisi hasil pencatatan dan posisi yang diperoleh ditambahkan ke metadata foto.

Mulanya saya lebih menyukai informasi posisi yang ditampilkan seketika. Posisi yang terbaca tsb. dapat mudah dituliskan di buku selama perjalanan. Untuk itu saya pilih Nokia 2710 yang sudah dilengkapi navigasi peta dan informasi penjejak waktu nyata (real time) juga.

Demikianlah, keperluan meningkat dan terkadang pembenaran perlu disetujui…

Faktor harga yang mendorong saya memilih Holux M-1200E dari DealExtreme, sekitar seperempat Trackstick. Pemesanan mudah, lewat Paypal, dan setelah ditunggu sekitar sepekan, kemarin sore paket saya terima dengan biaya tambahan pengemasan untuk PT Pos Indonesia Rp 7.000.

GPS Logger

Sudah saya sadari bahwa alat bantu perangkat lunak yang dibawakan untuk Microsoft Windows dan untuk itu XP di VirtualBox akan digunakan untuk mengoperasikan Holux. Alih-alih lewat Wine untuk menjalankan aplikasi Windows di atas Linux, saya pilih VirtualBox dan terbukti lancar digunakan untuk mengoperasikan pemindai seri CanoScan dari Canon.

Ternyata tidak sederhana untuk Holux. Aplikasi EzTour andalan mereka gagal membaca data log dengan pesan “Failed to write data into GPS module.” Tampaknya kegagalan ini terjadi pada akses USB ke serial, yang tidak tertangani dengan baik via lapis VirtualBox. Penggantian penggerak peranti (device driver) dengan merk lain yang disebut lebih baru daripada yang disediakan Holux tetap tidak mendatangkan hasil.

Saya coba alternatif akses langsung di Linux, dicoba di Ubuntu. Malang, bundel penggerak peranti USB-ke-serial untuk Linux, yang disediakan dalam bentuk kode sumber, gagal dikompilasi dengan penjelasan kesalahan dalam bahasa C di kode sumber tsb. Betapa repotnya jika saran teman agar saya melakukan perbaikan kode tsb. dituruti!

Akhirnya tadi sore saya coba langkah ketiga, yaitu melakukan instalasi di komputer yang memang menggunakan Windows, jadi bukan di atas VirtualBox dan bukan Linux. Cukup dengan satu aplikasi, EzTour, yang juga berisi modul penggerak peranti USB-ke-serial, akses ke Holux berhasil dilakukan. Memang Windows untuk bersenang-senang!, demikian komentar teman. Oh, tidak, namun demikianlah adanya. Teringat perangkat lunak bawaan piranti digital saya yang tidak terpakai karena hanya tersedia untuk Windows dan Mac.

Sebelum dicoba alternatif lain, semisal mencari kemungkinan trik pengaksesan di Linux, saya akan gunakan instalasi di komputer Windows tsb. untuk membaca dan mengonversi catatan dari Holux. Hasilnya dapat digunakan untuk kelengkapan geotag foto di Flickr dan dengan format KML dipasangkan di Google Maps. Mudah-mudahan dengan cara ini penyediaan rute perjalanan jalan-jalan memotret (photowalk) kami akan menjadi lebih mudah.

Ya, ihwal gawai lagi: pegang akal baik-baik sambil menelusuri katalog digital toko-toko daring.

2 Comments

  1. Boleh minta bocoan harganya mas?? Baca review di atas jd kepengen nih hayoh tanggung jawab! hehe

  2. Akhirnya dah bisa di Linux belum Pak?

    Kalo belum dan mau dibantu silakan hubungi saya (asalkan komputernya bisa diakses remote), rasanya cukup fun untuk di-hack.

Comments are closed.