Perubahan Setelan Subdomain di ZoneEdit

Bermula dari laporan teman yang menggunakan salah satu situs web kami untuk aplikasi pelacakan (tracking), subdomain www gagal diakses. Saya coba banding-bandingkan hasil antara menggunakan www dan tidak, ternyata memang ada perbedaan hasilnya dan ini persoalan di DNS.

Hasil pemeriksaan lanjutan: domain tsb. dikelola lewat ZoneEdit dan dilanjutkan dengan kunjungan ke situs ZoneEdit, tampilan berubah. Penjelasan dari layar log masuk, mereka sedang melakukan migrasi pengguna dan sebagian yang belum selesai tetap dapat mengakses antarmuka lewat legacy.zoneedit.com. Hasil query DNS dengan perintah host diketahui bahwa subdomain www diarahkan ke subdomain ZoneEdit. Agak janggal dan berakibat kegagalan diakses oleh pengunjung terutama yang selalu menambahi www di depan.

Solusi untuk hal ini: segera saya hapus entri pengarahan (redirection) yang sebelumnya termasuk salah satu entri subdomain kami di ZoneEdit. Sebagai gantinya, subdomain www dijadikan alias ke alamat IP mesin domain utama. (Sebenarnya baik menggunakan www atau tidak, situs yang dirujuk sama.) Tambahan pekerjaan: di server Web Apache di komputer tsb. www didaftarkan dan hanya berisi RedirectMatch ke situs tujuan.

Ringkasnya: pekerjaan mengarahkan klien ke URL tujuan akhir yang sebelumnya dilakukan ZoneEdit, sekarang ditangani sendiri.

Praktis dan beres. Alasan penting lainnya: karena kami menggunakan ZoneEdit edisi gratis.

2 Comments

  1. nah itu yang juga saya alami mas, akhirnya menggunakan versi berbayar untuk beberapa web saya.

  2. cara gabung komunitas blog balikpapan gmna.. thanks.

Comments are closed.