Hello Indonesia dari Yahoo!

Berselang beberapa hari setelah foto-foto perjalanan Satya Witoelar, penggagas Koprol, ke kantor pusat Yahoo!, San Francisco, mulai tampil di Flickr, Hello Indonesia muncul di blog Flickr. Karena nama Koprol disebut bersama Answers, apakah ini buah dari lawatan Satya?

Hello Indonesia

Selamat datang di Indonesia, Flickr!
Setelah cukup panjang membuat saya penasaran.

Pasalnya sederhana: di blog Flickr sangat jarang disebut Indonesia. Beberapa kali saya amati tema-tema yang dimunculkan, Indonesia kerap meleset. Pernah saat itu blog Flickr menampilkan kolase budaya beberapa kawasan di dunia, membentang dari Amerika Selatan, Eropa, Timur Tengah, dan terus hingga Asia-Oceania. Pada saat berada di kawasan paling dekat, yaitu Asia Tenggara, Indonesia silap ditampilkan, negeri-negeri jiran terpilih.

Demikian juga saat Flickr menampilkan tema hari raya keagamaan: baik Idul Fitri pun Idul Adha, ketupat Indonesia luput dari kurator di blog Flickr. Padahal The Big Picture dari Boston rutin menampilkan beberapa foto dari Indonesia untuk dua hari raya muslim tsb. Barulah saat Merapi meletus, blog Flickr menampilkan tulisan dan foto dari sekitar Merapi. Komentar teman, Yah, baru muncul begitu ada bencana!

Tatkala Koprol punya hajatan besar berupa buka puasa Ramadan bersama serentak yang lalu, dan partisipan dengan antusias memasang foto-foto acara di Flickr, sehingga tag Koprol muncul di Hot Tags Flickr, terlontar komentar bahwa efek kegiatan seperti ini terhadap produk Yahoo! dapat dijadikan pendorong acuan penilaian oleh Yahoo! pusat. Nilai bagus untuk kegiatan serentak Koprol dan perlu diingat juga bahwa Pesta Blogger hampir secara rutin menempatkan tag seperti pb2007 ke Hot Tags Flickr. Kecuali Pesta Blogger+ 2010 yang tidak berhasil mengajak para pemasang foto melesatkan tag pb2010 ke Hot Tags. Dengan kata lain, walau Pesta Blogger berbeda dengan Koprol dalam hal hubungan dengan Yahoo!, namun potensi kegiatan di Indonesia layak dipertimbangkan.

Ini yang disebut “penasaran,” dan sempat saya obrolkan dengan Thomas Arie Setiawan, narablog yang memiliki kegemaran menyediakan blog tak-resmi dengan materi sesuai penyedia. Thomas mengusulkan sebuah tempat untuk “Flickr yang lebih mengindonesia.” Dia juga yang saya kabari kedua, setelah pemasangan tautan di Twitter, tentang Hello Indonesia.

Apakah Flickr akan membawa semangat baru untuk aktivitas fotoblog di negeri ini? Secara sekilas yang saya rasakan di Bandung: kelompok lama sudah mulai “bosan” dengan fotoblog atau beralih ke gaya penyajian lain, namun sebaliknya, kelompok baru justru terbuka dan antusias dengan pemaknaan fotoblog yang menyenangkan dan merasa cocok dengan gaya Flickr. Dilihat dari aspek jejaring sosial, tantangan besar Flickr adalah album foto Facebook, dengan pertimbangan praktis, “di Facebook lebih mudah dikomentari teman-teman.”

Apapun, Hello Indonesia telah menyapa Indonesia dan mengundang dua ratus hadirin untuk datang di acara Jakarta Comunities Meetup, pertengahan bulan ini. Bukan, ini bukan photowalk bersama ala komunitas di San Francisco, karena dari Yahoo! pun yang ditampilkan bertiga: Flickr, Answers, dan Koprol. Ada kabar juga yang menyebutkan peluncuran Yahoo! Mail Beta untuk Indonesia.

Saya sudah mendaftar untuk datang di perhelatan tsb.: bertemu dengan para tukang foto Flickr dan mendengar langsung rencana Yahoo! di Indonesia.